Cari

Kamis, 02 Agustus 2018

Pelatihan Pembuatan Nugget Jagung



     Kegiatan pelatihan pembuatan Nugget Jagung dilaksanakan pada tanggal 24 dan 27 Juli 2018 yang bertepatan pada hari Selasa dan jum'at pada pukul 13.00 siang. Nugget Jagung dipilih oleh kami sebagai salah satu produk yang disosialisasikan karena potensi yang ada di Desa Sumur kuning yaitu memilki potensi pertanian jagung. Pelatihan tersebut dilaksanakan di 2 Dusun yaitu pada tanggal 24 juli di Dusun Lembhung serta pada tanggal 27 juli di Dusun Bhinyanyar. Kegiatan pelatihan ini disambut baik oleh ibu - ibu dari Dusun Lembhung dan Bhinyanyar yang dihadiri oleh 18 orang ketika pelatihan di Dusun Lembhung serta 17 orang ketika pelatihan di Dusun Bhinyanyar.
     Bahan - bahan yang dibutuhkan untuk membuat produk Nugget Jagung yaitu Ayam, Bawang Merah, Bawang putih, Garam, Jagung, Wortel, Telur, Tepung Panir, dan Minyak Goreng. Adapun langkah pembuatannya yaitu :

1. Langkah awal rebus ayam sampai matang dan lunak.
2. haluskan bawang mereah, bawang putih, garam.
3. haluskan jagung.
4. haluskan ayam yang telah matang dan campur semua bahan , aduk hingga rata dan koreksi rasa, dengan cara ambil sedikit adonan goreng lalu cicipi . jika ada yang dirasa kurang, silahkan tambahkan bumbu sendiri sesuai selera .
5. Selanjutnya tuang adonan nugget ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega. Kukus hingga matang , kurang lebih selama 30 menit . Potong-potong sesuai selera .
6. Setelah lalu celupkan ke dalam kocokan telur , kemudian gulungkan ke dalam tepung panir sambil ditekan-tekan agar tepung panir melekat sempurna. Agar tepung panir dapat menempel kuat di adonan nugget.
7. Terakhir goreng nugget di minyak yang sudah dipanaskan hingga kecoklatan dan matang , angkat dan tiriskan . untuk sisa nugget anda dapat simpan di wadah yang kedap udara dan di freezer untuk stock nugget beku atau yang tidak langsung dikonsumsi / goreng.
8. Resep Nugget Ayam Wortel Homemade Bergizi siap disajikan dengan saus sambal atau mayonese sesuai selera.

     Dengan adanya kegitan pelatihan pembuatan Nugget Jagung, kami berharap masyarakat yang ada di Desa Sumur Kuning dapat lebih memanfaatkan jagung menjadi makanan yang lebih bervariasi seperti Nugget Jagung, terlebih lagi jika masyarakat mampu mengolah dengan sedemikian rupa  agar produk Nugget Jagung tersebut memiliki nilai jual yang diterima oleh masyarakat. 
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar